Solusi Meningkatkan Omset Penjualan Anda

settia

CARA MUDAH BUAT WEBSITE

RDP Windows Murah

Apa Itu RDP Serta Fungsi dan Manfaatnya

Zaman Sekarang kebutuhan akan akses internet cepat mejadi kebutuhan bagi semua pengguna internet. Data yang diperoleh dari Ookla pada bulan Desember tahun lalu menyebutkan bahwa peringkat kecepatan internet di Indonesia menempati peringkat 42 dari 46 negara. Tentunya ini sangat memprihatinkan, rata-rata kecepatan internet di Indonesia saat ini hanya 15,5 Mbps, sementara untuk rata-rata kecepatan internet kabel dunia saat ini mencapai 54,3 Mbps, berarti masih jauh dari rata-rata kecepatan internet kabel di dunia.

Baca Juga : Jasa Penyewaan RDP

Untuk kecepatan akses mobile, peringkat Indonesia juga tidak berbeda jauh. Dari jumlah 45 negara, Indonesia menempati peringkat ke 43 diatas India dan Ghana. Data yang diperoleh dari Ookla menyebutkan bahwa rata-rata kecepatan mobile di Indonesia saat ini hanya 10,5 Mbps, sementara kecepatan internet rata-rata di dunia saat ini mencapai 25,1 Mbps. Solusi lain yang bisa mengatasi permasalahan kecepatan internet ialah dengan menggunakan layanan RDP (Remote Desktop Protocol). Nah lalu apa itu RDP serta fungsi dan kegunaanya untuk masalah kecepatan internet? Mari kita bahas pada artikel berikut ini.

Apa Itu RDP ?

Remote Desktop Protocol atau RDP ialah fitur yang dimiliki sistem operasi berbasis Windows yang bisa ditemukan pada seri Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows Server 2008 dan Windows versi terbaru yang berguna untuk melakukan remote komputer jarak jauh secara online. Protokol yang digunakan untuk RDP ini menggunakan TCP port 3389.

Contoh mudahnya penggunaan RDP saat ini yaitu ketika kita sedang membuka komputer di Jogja, kemudian membuka aplikasi Remote Desktop Connection pada Windows untuk mengakses komputer server RDP yang berada di Singapura secara online, saat sudah terhubung kita bisa melakukan kegiatan apa saja dengan komputer RDP tersebut bahkan 24 jam online terus.

Fungsi RDP

Ada beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh RDP yang perlu kita ketahui, berikut pembahasan mengenai fungsi RDP:

RDP digunakan untuk kita yang membutuhkan kecepatan internet yang tinggi, minimal 100Mbps sampai 1Gbps bahkan lebih tergantung dari spesifikasi RDP yang Anda sewa.

Dengan kecepatan tinggi RDP cocok untuk Anda yang suka upload dan download dari berbagai website dengan kapasitas yang besar.

Dengan adanya RDP kita bisa menjalankan BOT untuk keperluan website Anda tanpa membebani server yang kita miliki, jadi cocok untuk keperluan berat dengan kecepatan internet yang tinggi seperti bisnis trading. Untuk bisa menggunakan semua fungsi tersebut nampaknya kita perlu membeli layanan RDP yang banyak dijual para seller-seller di Internet, tetapi kita perlu menanyakan terlebih dahulu tentang spesifikasi dan cara penggunaan RDP.

Baca juga : RDP MURAH

Cara Menggunakan RDP

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa aplikasi remote desktop sudah default tersedia pada  sistem operasi Windows, untuk menggunakannya Anda tinggal membuka saja. Bagi kita yang belum tahu cara menggunakan RDP dari OS Windows silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

Silahkan Anda ke menu ‘Search’ yang ada pada pojokan Windows kemudian pada kolom search tuliskan ‘Remote Desktop Connection’.

Jika sudah muncul silahkan pilih aplikasi ‘Remote Desktop Connection’.

Saat sudah terbuka tampilan Remote Desktop Connection silahkan masukan akun RDP pada bagian ‘Computer’ dan ‘User name’.

Jika semuanya sudah silahkan klik ‘Connect’.

Tunggu prosesnya hingga selesai connect dengan komputer RDP yang sudah Anda sewa.

Jika sudah bisa connect dengan komputer RDP, Anda bisa menggunakannya seperti komputer Windows yang biasa kita pakai. Untuk traffic, bandwidth dan resource semuanya menggunakan langsung dari server RDP, jadi kita hanya perlu memiliki jaringan internet untuk mengakses komputer RDP saja.

Manfaat RDP

Mempunyai RDP memang memiliki banyak sekali kegunaan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Karena Anda tidak perlu mengorbankan resource yang ada pada komputer yang kita miliki, cukup menggunakan koneksi internet saja. Nah inilah beberapa kegunaan RDP yang akan Anda dapatkan:

1. Koneksi internet lebih cepat dan stabil

RDP mempunyai kelebihan pada kecepatan internetnya, bukan RDP namanya kalau internetnya lemot. Anda bisa menyesuaikan sesuai paket apa yang Anda sewa, semakin mahal berarti semakin cepat pula komputer RDP yang Anda sewa bahkan bisa sampai 1Gbps.

Di Qwords.com juga tersedia layanan VPS Murah yang mampu mencapai kecepatan 1Mbps Dedicated, berarti kecepatan tersebut untuk Anda sendiri tidak dibagi kepada user lain. Ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan website skala besar. Untuk tambahan agar kecepatan internet RDP lebih cepat maka pilihlah server yang paling dekat dengan lokasi Anda, kalau saat ini yang paling dekat di Sinagpura, sehingga aksesnya tidak mengalami delay karena lokasi server yang jauh.

2. Download dan Upload data menjadi lebih cepat

Untuk kecepatan yang dimiliki RDP tidak diragukan lagi, jadi untuk proses upload download akan lebih cepat daripada menggunakan jaringan internet biasa. Misal saat kita melakukan migrasi website dengan ukuran data sampai 100 GB, berapa lama yang Anda butuhkan untuk bisa memindahkan semuanya ke server baru. Dengan RDP kecepatan 200Mbps proses pindah server ini tidak akan memakan waktu yang lama, kita  cukup melakukan login ke akun hosting melalui RDP saja.

3. Selalu aktif 24 jam

Ini yang menjadi kelebihan RDP, komputer akan selalu online 24 jam. Jadi untuk kita yang memiliki BOT atau Tool membutuhkan komputer selalu on terus-terusan maka RDP ini bisa menjadi solusi. Jadi untuk kegiatan yang membutuhkan waktu lama seperti encoding video, upload download file besar maka cocok menggunakan RDP. Tetapi ada beberapa kegiatan yang dilarang seperti Mining dan kegiatan yang akan membebani server yang bisa menyebabkan server down.

4. Custom spesifikasi sesuai kebutuhan

Saat melakukan pembelian, Anda bisa mengkustom spesifikasi komputer RDP yang kita  sewa sesuai dengan kebutuhan. Jadi kita  bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

5. Kuat menjalankan program berat

RDP selain memiliki akses internet cepat juga bisa menjalankan program yang berat sesuai dengan spesifikasi server. Semakin baik server maka akan semakin aman untuk menjalankan program-program komputer yang bisa Anda install secara langsung pada RDP.

inilah materi mengenai apa itu RDP serta fungsi dan gunanya. Bagi kita yang membutuhkan layanan SSL untuk keamanan tambahan pada website, kami memiliki rekomendasi SSL Indonesia dengan harga mulai dari 150.000/bulan dari brand Sectigo Positive SSL di GudangSSL.id. Tunggu apalagi amankan websitemu sekarang juga.

Terima kasih

Tag : RDP Windows
0 Komentar untuk "RDP Windows Murah"

Back To Top