Untuk anda yang gres mulai mendalami SEO, mungkin anda akan mengalami beberapa kebingungan di awal pelajaran anda; alasannya yaitu anda berguru SEO dari banyak sumber yang berbeda. Di satu sisi anda akan mendengar bahwa anda harus melaksanakan SEO semoga website yang anda buat bisa ranking di Google dan mendapat trafik. Di sisi lain anda akan melihat bahwa banyak yang beropini SEO itu mati perlahan.
Sebagai pembukaan; anda harus mengetahui bahwa selama masih ada persaingan antara pengembang website maka SEO tidak akan pernah mati. SEO itu bukan untuk mengalahkan Google, melainkan untuk mengalahkan website lain dan "merebut hati" Google. Makara SEO itu selalu ihwal merebut hati Google, dan inilah yang harus anda pelajari ketika anda belajar SEO.
Yang menjadi dilema yaitu "hati" dari Google itu semakin usang semakin kompleks dan semakin ibarat cara insan memilih. Makara bergotong-royong anda harus berguru mempersiapkan website yang sehat, bukan hanya untuk setahun atau dua tahun tetapi untuk jangka yang panjang. Sebuah website yang tidak terpengaruh dengan perkembangan algoritma.
Ada aneka macam saya melihat pemilik website yang menciptakan web dengan tujuan blogging for money dan pada kesannya mereka tidak melihat uang itu sama sekali. Justru mereka yang menciptakan website alasannya yaitu di dominasi oleh passion mereka di bidang itu yang pada kesannya melihat uang dari website mereka itu.
Mereka yang murni blogging for money selalu berpikiran untuk mencari trik apa lagi yang bisa mendatangkan uang gampang untuk mereka; tetapi pada kesannya uang itu tidak pernah mudah. Apalagi algoritma semakin kompleks; trik yang bekerja setahun kemudian sudah tidak bisa lagi dilakukan ketika ini. Makara kenapa tidak mulai fokus membangun website yang benar-benar sehat?
Jika anda ingin menciptakan website yang sehat; maka satu hal yang perlu anda miliki kata Andre dan Hesty di program Pagi-Pagi Net TV yaitu NIAT. Niat apa? Tentu saja niat untuk bekerja. Sampai bosan saya melihat orang yang berpikir bisa kaya instant dari internet. Di mana-mana itu kalau anda mau kaya, ya kuasailah sesuatu. Jadilah yang terbaik di bidang itu, dan orang akan mencari anda dengan sendirinya.
Makara apa kesukaan anda? Atau apa bisnis anda? Buatkanlah website dengan perilaku yakin bahwa websitenya akan menjadi salah satu tool marketing anda ke depannya. Tapi jangan mimpi itu akan jadi dalam sebulan atau 2 bulan, terlebih lagi jikalau anda berada di pasar yang persaingannya keras.
Ada 3 hal yang harus anda usahakan sebelum website anda menjadi tool marketing yang hebat untuk anda.
Itu jikalau anda mau mendapat trafik dari mesin pencari. Tentu saja ada metode lain untuk mendapat trafik dari internet, dan salah satu yang cukup terkenal yaitu sosial media marketing. Tapi ini akan kita bahas dalam sesi yang berbeda.
Sekarang anda coba untuk memilah apa saja yang menjadi kesukaan anda; atau apa saja produk yang ingin anda pasarkan di internet.... Apakah anda suka olahraga? atau fotografi? atau musik? atau apa? Buatlah daftar apa yang anda sukai di selembar kertas. Setelah itu cobalah untuk menentukan mana yang paling anda sukai di antara semuanya.
Jika anda jualan produk, maka anda harus menentukan produk mana yang paling anda suka dan anda yakin akan mendatangkan laba yang besar untuk anda. Saya sangat merekomendasikan anda untuk membangun website yang berfokus pada satu produk saja terlebih dahulu. Karena jikalau anda menjual banyak produk, maka anda akan menciptakan websitenya tidak fokus pada kata kunci tertentu, dan itu berarti anda harus bekerja lebih keras untuk mengangkat semua produk tersebut....
Ini yaitu pelajaran pertama yang saya dapati di SEO bahwa semakin banyak ragam niche yang ingin saya kuasai, maka kesulitan SEO menjadi berkali-kali lipat.... Adalah jauh lebih gampang membeli 10 nama domain berbeda dan setiap domain menjual satu produk tertentu; daripada membeli satu nama domain dan mencoba menjual 10 produk berbeda yang sama sekali tidak ada kaitannya di dalam satu nama domain itu.
Makara berapa banyak topik yang ingin anda buatkan website? Berapa banyak ragam produk yang ingin anda jual? Maka sebanyak itu juga website yang perlu anda buat. Kalaupun anda mau menjual semuanya di bawah satu nama domain yang menjadi merk anda, maka anda perlu "sangat rajin" melaksanakan update; semoga setiap kategori produk memiliki aneka macam postingan di dalamnya. Buatlah website anda menjadi mirip Lazada ataupun Tokopedia.
Tidak sanggup? Kalau anda merasa tidak bisa melaksanakan update sebanyak itu, maka akan jauh lebih gampang bagi anda jikalau anda membangun setiap produk dalam satu nama domainnya masing-masing.
Saya beri rujukan di sini; ada dua webmaster yang ingin menguasai pasar otomotif di kota jakarta. Webmaster yang pertama menciptakan satu website dengan nama domain jualmobiljakarta.com. Di mana dalam website ini ia akan menjual toyota, honda, suzuki, isuzu, mitsubishi, datsun, dll.
Sedangkan webmaster yang lain menciptakan banyak website, ada yang mobilhondajakarta.com, mobiltoyotajakarta.com, mobilsuzukijakarta.com, dst. Dan semua website itu dioptimasi bersama-sama; berdasarkan anda mana yang akan menjadi juara? Dengan perkiraan laju update artikelnya sama, maka website yang fokus pada merk yang spesifik akan lebih gampang untuk ranking dibandingkan yang berusaha mengangkat banyak merk sekaligus.
Makara silahkan saja anda menggunakan kata kunci di dalam nama domain seperti: fotografijayadi.com atau jualsepedaonline.com selama anda memang bisa menandakan bahwa website yang anda berdiri relevan untuk itu.
Yang salah yaitu ketika anda menggunakan nama jualsepedaonline.com tapi yang anda jual yaitu smartphone.... Sudah niscaya nama domain ini akan menjadi penghambat anda untuk mendapat pengunjung yang mencari smartphone.
Untuk menentukan nama domain; anda bisa masuk ke website penjual nama domain, dan ketikkan nama domain yang anda mau untuk melihat apakah nama domain itu tersedia untuk anda atau tidak (sudah dimiliki orang lain).
Siapa saja penjual nama domain itu? Silahkan Googling dengan kata kunci JUAL DOMAIN MURAH.... Atau bisa mencoba membeli nama domain di penyedia mirip rumahweb.
Kenapa harus punya nama domain? Apakah dengan menggunakan domain gratisan dan subdomainnya tidak cukup? Sebenarnya itu bisa saja cukup jikalau anda mengejar kata kunci yang tidak terlalu keras persaingannya. Tapi jikalau persaingan kata kuncinya sudah masuk ke persaingan yang keras; maka domain blog gratisan, biasanya sulit bersaing.
Sebagai pembukaan; anda harus mengetahui bahwa selama masih ada persaingan antara pengembang website maka SEO tidak akan pernah mati. SEO itu bukan untuk mengalahkan Google, melainkan untuk mengalahkan website lain dan "merebut hati" Google. Makara SEO itu selalu ihwal merebut hati Google, dan inilah yang harus anda pelajari ketika anda belajar SEO.
Yang menjadi dilema yaitu "hati" dari Google itu semakin usang semakin kompleks dan semakin ibarat cara insan memilih. Makara bergotong-royong anda harus berguru mempersiapkan website yang sehat, bukan hanya untuk setahun atau dua tahun tetapi untuk jangka yang panjang. Sebuah website yang tidak terpengaruh dengan perkembangan algoritma.
Merencanakan Website Yang Akan Anda Buat
Sebelum anda menciptakan website anda, maka anda harus menyadari bahwa website yang selama ini bertahan di internet dan menjadi pundi-pundi uang untuk pemilik webnya yaitu website yang direncanakan dengan matang, dibentuk dengan tujuan membantu setiap orang yang berkunjung ke halaman web tersebut, dan web yang memang menjadi kesenangan atau gairah dari pemilik web itu sendiri.Ada aneka macam saya melihat pemilik website yang menciptakan web dengan tujuan blogging for money dan pada kesannya mereka tidak melihat uang itu sama sekali. Justru mereka yang menciptakan website alasannya yaitu di dominasi oleh passion mereka di bidang itu yang pada kesannya melihat uang dari website mereka itu.
Mereka yang murni blogging for money selalu berpikiran untuk mencari trik apa lagi yang bisa mendatangkan uang gampang untuk mereka; tetapi pada kesannya uang itu tidak pernah mudah. Apalagi algoritma semakin kompleks; trik yang bekerja setahun kemudian sudah tidak bisa lagi dilakukan ketika ini. Makara kenapa tidak mulai fokus membangun website yang benar-benar sehat?
Jika anda ingin menciptakan website yang sehat; maka satu hal yang perlu anda miliki kata Andre dan Hesty di program Pagi-Pagi Net TV yaitu NIAT. Niat apa? Tentu saja niat untuk bekerja. Sampai bosan saya melihat orang yang berpikir bisa kaya instant dari internet. Di mana-mana itu kalau anda mau kaya, ya kuasailah sesuatu. Jadilah yang terbaik di bidang itu, dan orang akan mencari anda dengan sendirinya.
Makara apa kesukaan anda? Atau apa bisnis anda? Buatkanlah website dengan perilaku yakin bahwa websitenya akan menjadi salah satu tool marketing anda ke depannya. Tapi jangan mimpi itu akan jadi dalam sebulan atau 2 bulan, terlebih lagi jikalau anda berada di pasar yang persaingannya keras.
Ada 3 hal yang harus anda usahakan sebelum website anda menjadi tool marketing yang hebat untuk anda.
- Pertama: Buat website yang SEO ready yang disukai oleh Google
- Kedua: Rajin mengisi konten yang relevan
- Ketiga: Buat website anda terkenal di dunia maya
Itu jikalau anda mau mendapat trafik dari mesin pencari. Tentu saja ada metode lain untuk mendapat trafik dari internet, dan salah satu yang cukup terkenal yaitu sosial media marketing. Tapi ini akan kita bahas dalam sesi yang berbeda.
Sekarang anda coba untuk memilah apa saja yang menjadi kesukaan anda; atau apa saja produk yang ingin anda pasarkan di internet.... Apakah anda suka olahraga? atau fotografi? atau musik? atau apa? Buatlah daftar apa yang anda sukai di selembar kertas. Setelah itu cobalah untuk menentukan mana yang paling anda sukai di antara semuanya.
Jika anda jualan produk, maka anda harus menentukan produk mana yang paling anda suka dan anda yakin akan mendatangkan laba yang besar untuk anda. Saya sangat merekomendasikan anda untuk membangun website yang berfokus pada satu produk saja terlebih dahulu. Karena jikalau anda menjual banyak produk, maka anda akan menciptakan websitenya tidak fokus pada kata kunci tertentu, dan itu berarti anda harus bekerja lebih keras untuk mengangkat semua produk tersebut....
Ini yaitu pelajaran pertama yang saya dapati di SEO bahwa semakin banyak ragam niche yang ingin saya kuasai, maka kesulitan SEO menjadi berkali-kali lipat.... Adalah jauh lebih gampang membeli 10 nama domain berbeda dan setiap domain menjual satu produk tertentu; daripada membeli satu nama domain dan mencoba menjual 10 produk berbeda yang sama sekali tidak ada kaitannya di dalam satu nama domain itu.
Makara berapa banyak topik yang ingin anda buatkan website? Berapa banyak ragam produk yang ingin anda jual? Maka sebanyak itu juga website yang perlu anda buat. Kalaupun anda mau menjual semuanya di bawah satu nama domain yang menjadi merk anda, maka anda perlu "sangat rajin" melaksanakan update; semoga setiap kategori produk memiliki aneka macam postingan di dalamnya. Buatlah website anda menjadi mirip Lazada ataupun Tokopedia.
Tidak sanggup? Kalau anda merasa tidak bisa melaksanakan update sebanyak itu, maka akan jauh lebih gampang bagi anda jikalau anda membangun setiap produk dalam satu nama domainnya masing-masing.
Saya beri rujukan di sini; ada dua webmaster yang ingin menguasai pasar otomotif di kota jakarta. Webmaster yang pertama menciptakan satu website dengan nama domain jualmobiljakarta.com. Di mana dalam website ini ia akan menjual toyota, honda, suzuki, isuzu, mitsubishi, datsun, dll.
Sedangkan webmaster yang lain menciptakan banyak website, ada yang mobilhondajakarta.com, mobiltoyotajakarta.com, mobilsuzukijakarta.com, dst. Dan semua website itu dioptimasi bersama-sama; berdasarkan anda mana yang akan menjadi juara? Dengan perkiraan laju update artikelnya sama, maka website yang fokus pada merk yang spesifik akan lebih gampang untuk ranking dibandingkan yang berusaha mengangkat banyak merk sekaligus.
Menentukan Nama Domain
Banyak yang menyampaikan bahwa nama domain yang mengandung kata kunci itu berbahaya. Oleh karenanya ketika mereka berguru SEO mereka mencoba menghindari kata kunci. Tapi faktanya yaitu website-website yang muncul di Google untuk kata kunci yang komersil yaitu website yang menggunakan kata kunci di dalam nama domain mereka. Makara bergotong-royong tidak dilema jikalau anda mau menggunakan kata kunci di dalam nama domain anda, selama anda bisa menjamin bahwa nama domain tersebut memang relevan dengan kontennya.Makara silahkan saja anda menggunakan kata kunci di dalam nama domain seperti: fotografijayadi.com atau jualsepedaonline.com selama anda memang bisa menandakan bahwa website yang anda berdiri relevan untuk itu.
Yang salah yaitu ketika anda menggunakan nama jualsepedaonline.com tapi yang anda jual yaitu smartphone.... Sudah niscaya nama domain ini akan menjadi penghambat anda untuk mendapat pengunjung yang mencari smartphone.
Untuk menentukan nama domain; anda bisa masuk ke website penjual nama domain, dan ketikkan nama domain yang anda mau untuk melihat apakah nama domain itu tersedia untuk anda atau tidak (sudah dimiliki orang lain).
Siapa saja penjual nama domain itu? Silahkan Googling dengan kata kunci JUAL DOMAIN MURAH.... Atau bisa mencoba membeli nama domain di penyedia mirip rumahweb.
Kenapa harus punya nama domain? Apakah dengan menggunakan domain gratisan dan subdomainnya tidak cukup? Sebenarnya itu bisa saja cukup jikalau anda mengejar kata kunci yang tidak terlalu keras persaingannya. Tapi jikalau persaingan kata kuncinya sudah masuk ke persaingan yang keras; maka domain blog gratisan, biasanya sulit bersaing.
Rangkuman
Makara jikalau ini yaitu langkah awal anda dalam menciptakan website. Buatlah daftar kesukaan anda; atau daftar produk andalan anda; dan tetapkanlah nama domain yang akan mendukung meningkatkan secara optimal kata kunci anda ke depannya di dalam SEO. Kalau anda sudah memutuskan dua hal ini, maka itu berarti anda sudah siap untuk mulai berbagi website anda.
Tag :
SEO tips
0 Komentar untuk "Apakah Seo Masih Relevan?"