Update Algoritma ialah sesuatu yang gotong royong sangat biasa di sistem mesin pencari. Setiap hari Google melaksanakan update dan refresh pada algoritmanya. Yang menjadi suatu duduk masalah ialah jikalau update tersebut merupakan update yang besar sehingga peringkat dari website banyak yang berubah....
Kalau anda termasuk yang dirugikan oleh update-update kali ini, jangan frustrasi ibarat gambar di atas ya ... 😆
================Kalau anda termasuk yang dirugikan oleh update-update kali ini, jangan frustrasi ibarat gambar di atas ya ... 😆
Banyak website yang mengalami perubahan peringkat, dan itu berarti Google memang melaksanakan perubahan yang besar pada hukum main mereka. Jika kita tidak dapat memahami hukum main yang gres dan menyesuaikan website kita pada hukum main yang gres ini, maka kemungkinan besar website yang sebelumnya sangat superior pun akan sulit untuk bersaing.
Ada 4 kali update dalam waktu yang sangat berdekatan, dan tampaknya sangat kuat ke ranking.... Hal ini menciptakan jadi sangat sulit untuk memilih tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi duduk masalah yang muncul.
Empat Update ini mensugesti 4 hal, yaitu:
- Konten yang di-spin
- Halaman yang mobile friendly
- Relevansi
- Pagerank
Catatan: Tulisan wacana update algoritma Google terbaru di tahun 2018 ini sifatnya masih pengamatan awal dan ada kemungkinan analisanya dapat berubah. Soalnya gres kali ini terjadi; beberapa update besar yang sangat berdekatan.
Tips bagi anda yang trafiknya jatuh, cobalah untuk melihat bagaimana kondisi dari website yang naik menggantikan posisi anda. Coba cek hal-hal apa saja yang ada di website tersebut yang lebih baik dari website anda.... dan coba perbaiki kondisi dari halaman web anda.
Untuk membantu anda mendapat pemahaman wacana Algoritma Google yang terbaru, saya akan berfokus pada 4 kondisi website yang dipengaruhi oleh update-update ini.
KONTEN YANG DI-SPIN
Ini ialah update algoritma yang terjadi di awal bulan maret yang lalu, dan dapat dikatakan banyak yang terkena imbas dari update Algoritma ini. Update ini di dunia SEO internasional disebut sebagai Algoritma BRACKETS atau TANDA KURUNG. Mungkin sebab algoritma ini menargetkan konten-konten yang di-spin.
Bisa dilihat dari artikel di atas ada kutipan:
Content which is copied, but changed slightly from the original. This type of copying makes it difficult to find the exact matching original source. Sometimes just a few words are changed, or whole sentences are changed, or a “find and replace” modification is made, where one word is replaced with another throughout the text. These types of changes are deliberately done to make it difficult to find the original source of the content. We call this kind of content “copied with minimal alteration.” Google Search Quality Evaluator Guidelines March 2017
TERJEMAHANNYA: Konten yang dicopy tapi diubah sedikit dari aslinya. Copas tipe ini membuatnya sulit untuk dicari sumber aslinya yang persis sama. Terkadang hanya beberapa kata saja yang diubah, atau keseluruhan kalimat diubah, atau modifikasi "cari dan ganti" dilakukan, di mana suatu kata digantikan kata lainnya di sepanjang teks. Perubahan ibarat ini sepenuhnya dilakukan untuk menciptakan sulit ditemukan sumber orisinil dari konten tersebut. Kami menyebut konten ini "dicopy dengan sedikit perubahan". Panduan Pengevaluasi Kualitas Pencarian Google Maret 2017.
Makara terang kalau teknik di atas sudah menjadi sasaran Google dari Maret 2017 dan update Maret 2018 memperlihatkan niat dari Google.
Banyak pelaku SEO di Amerika yang mengumpulkan halaman-halaman yang drop di awal maret lalu, dan mereka menemukan bahwa hampir semuanya memiliki satu persamaan, yaitu konten yang di-spin.
Apakah itu berarti kalau artikel anda di-spin anda niscaya terkena efeknya? Bisa jadi ibarat itu, dapat jadi juga belum ketika ini.... sebab Google harus mengumpulkan banyak data dari seluruh internet sebelum memutuskan kalau konten anda ialah hasil spin.
Makara dapat saja Algoritma ini diupdate di bulan Maret, tapi website kita gres kena hantamannya di bulan April atau Mei.
Kalau ketika ini website anda terindikasi bermasalah dengan update algoritma yang terbaru, maka saya lebih merekomendasikan anda untuk mencoba mengedit artikel-artikel andalan dari website anda menjadi sebuah artikel yang unik. Setelah itu lakukan Fetch as Google dan ejekan pengindeksan ulang.
HALAMAN YANG MOBILE FRIENDLY
Ujicoba sistem mobile first index juga sudah selsai dan kini algoritma ini sudah dimasukkan ke dalam algoritma inti. Makara website yang tidak memiliki struktur yang mobile friendly atau setidaknya berat pemuatannya akan mendapat duduk masalah di kurun mobile first index ini.
Aturan mobile yang direkomendasikan oleh Google ialah website anda memiliki isi konten yang sama antara tampilan desktop dan tampilan mobilenya. Begitu juga dengan URL-nya .... Google merekomendasikan kita untuk menggunakan URL yang sama untuk versi desktop dan mobile.
Kecepatan muat website juga perlu diperhatikan, sebab Google merekomendasikan konten paruh atas (sebelum layar digeser ke bawah) itu dapat dimuat dalam waktu 3 detik. Untuk para pemilik website yang halamannya berat dimuat di perangkat mobile, ada baiknya mengecek penggunaan javascript dan CSS di halaman web tersebut.
Siapa tahu saja ada javascript atau CSS yang menghalangi pemuatan halaman.
Biasanya pemilik website yang ingin tampilan websitenya super canggih atau mau "memaksakan" monetisasi pada websitenya akan menggunakan beberapa script yang justru menciptakan website menjadi lambat dimuat.
Sebaiknya ditinjau lagi websitenya dari awal dan berguru lagi cara menciptakan website yang ringan untuk penggunaan mobile.
Sangat banyak website yang ketika pertama kali dibentuk sangat mobile friendly, tapi sesudah beberapa usang menjadi kurang mobile friendly lagi sebab pengelolaan yang buruk. Bisa sebab ada penambahan widget-widget baru, dan dapat juga sebab memasukkan gambar yang terlalu besar ukurannya.... Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab rusaknya performa website.
Kalau anda benar-benar galau di mana masalahnya, cobalah menciptakan website anda kembali ke kondisi awalnya saja di mana website masih cukup sederhana.
RELEVANSI
Google sendiri mengakui kalau ada banyak website yang sebelumnya ranking sangat baik menjadi drop ketika update-update ini dilakukan. Website-website yang drop ini ialah website-website yang memiliki konten-konten yang sangat berkualitas, hanya saja oleh algoritma gres dianggap kehilangan relevansi....
Kalau kita bicara RELEVANSI, maka kambing hitamnya ialah RANKBRAIN....
Untuk yang sering mengamati SERP mungkin akan menyadari ada perubahan yang abnormal dalam sebulan terakhir ini, di mana halaman pertama Google sangat dinamis. Ada aneka macam perputaran peringkat dalam waktu yang sangat dekat.
Halaman yang ranking 1 hari ini dapat jadi ranking 4 esok harinya atau mungkin ranking 7 atau ranking 3. Hasil pencarian dapat berbeda hanya dalam selang waktu yang tidak lama. Kenapa dapat ibarat itu?
RANKBRAIN memiliki ruang pencarian untuk melaksanakan pengujian terhadap hasil pencarian alternatif. Di ruang pencarian alternatif ini Google sering menaikkan hasil-hasil pencarian yang berbeda untuk melihat persentase kepuasan pengguna Google.
Yang menjadi duduk masalah ialah ketika Google menemukan hasil pencarian yang memperlihatkan persentase kepuasan penguna yang lebih baik dari website kita. Tinggal menunggu waktu saja website kita akan disingkirkan oleh website lain ini.
Kalau kita sudah berhasil menciptakan website yang memiliki kecepatan yang bagus, maka dalam hal relevansi ini kita harus melihat isu apa yang tersedia di website lain ini yang tidak diberikan oleh website kita. Cek juga apakah klarifikasi kita lebih gampang dipahami daripada website pesaing ini....
Kalau ternyata konten kita dirasa lebih baik, cobalah untuk mencari tahu apakah ada elemen lain di halaman website kita yang menciptakan pengunjung merasa tidak betah. Cobalah membuka halaman-halaman web kita di perangkat mobile, untuk mencari tahu apakah ada hal-hal yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.
PAGERANK
Sistem pagerank Google sendiri sudah tertutup untuk umum, jadi kita tidak dapat melihat nilai Pagerank yang paling konkret ketika ini. Hanya saja beredar di internet kalau Google memiliki patent yang gres untuk sistem pageranknya.
Beberapa hal yang dapat dipraktekkan untuk meningkatkan secara optimal website kita antara lain dengan memperbaiki struktur label/kategori di dalam semua konten website, membatasi jumlah link di dalam suatu halaman menjadi sesedikit mungkin (dibatasi hanya pada link yang benar-benar perlu saja) dan meniadakan external link yang sitewide.
Jika anda ketika ini sedang mengoptimasi halaman tertentu, maka sangat direkomendasikan semoga halaman artikel tersebut memiliki link yang sitewide (muncul di semua halaman web). Anda dapat memasang link menuju artikel andalan tersebut pada hidangan header, atau sidebar.
PERHATIAN
Jika anda melaksanakan perubahan pada website anda, harap segera melaksanakan Fetch as Google dan minta pengindeksan ulang. Tapi sesudah pengindeksan ulang terjadi, belum tentu ranking anda akan eksklusif berubah....
Seperti biasa Google masih harus melaksanakan uji relevansi untuk konten anda. Makara anda masih harus menunggu seminggu atau dua ahad untuk melihat apakah perbaikan anda memperlihatkan hasil....
Tapi ibarat yang sudah saya bahas sebelumnya di artikel KENAPA SEO BLOGSPOT LEBIH SULIT?; .....maka pengguna blogspot yang terkena penalty memang memiliki tantangan yang lebih berat, sebab struktur blogspot memang tidak begitu SEO ready....jadi memang lebih sulit untuk memenangkan persaingan.
Tag :
SEO tips
0 Komentar untuk "Update Algoritma Google Terbaru 2018 Dan Pengaruhnya"