Solusi Meningkatkan Omset Penjualan Anda

settia

CARA MUDAH BUAT WEBSITE

3 Tips Jitu Biar Artikel Anda Disukai Search Engine Dan Pembaca

 tips jitu artikel seo friendly dan human friendly 3 Tips Jitu Agar Artikel Anda Disukai Search Engine dan Pembaca
Inilah 3 tips jitu menulis artikel yang seo friendly dan human friendly semoga disukai search engine canggih yang sudah mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI).
3 Tips Jitu Agar Artikel Anda Disukai Search Engine dan Pembaca. Bahwa sebagai blogger, kita sangat mengandalkan rangkaian kata menjadi artikel-artikel pada blog bisnis online yang dikelola. Sudah pasti selalu menaruh impian besar semoga postingan artikel-artikelnya menerima pembaca setia yang meningkat dari waktu ke waktu. Demikian juga dengan search engine.

kali ini akan menunjukkan bagaimana cara menulis artikel-artikel blog bisnis online anda agar disukai oleh search engine dan pembaca blog anda.

Saya yakin sekali, saat ini kita dapat dengan mudah menemukan berbagai blog bisnis online yang membahas wacana hal ini. Namun aku tetap berharap, apa yang akan disampaikan disini pun dapat menginspirasi anda dalam membuat goresan pena-goresan pena yang disukai pembaca alias "human friendly" dan juga disukai oleh search engine alias "seo friendly".

Apa itu Artikel yang SEO Friendly.

Seo friendly atau lebih tepatnya "search engine optimization friendly" yakni teknik optimasi yang dilakukan oleh para blogger dalam menulis halaman artikel dan atau mengutak-atik sebuah blog menjadi lebih disukai oleh search engine.

Jika diawal kemunculan website blog, ramai diperbincangkan aneka macam tips membangun blog yang seo friendly. Seiring waktu, upaya seo friendly bertahap mengarah pada isi konten blog, yaitu; artikel-artikel nya yang nota bene bersifat seo friendly (disukai search engine). Sistem algoritma search engine yang semakin kompleks menuntut para blogger untuk menulis artikel-artikel yang mengikuti format penulis secara terstruktur baik, mengikuti acuan algoritma yang dianut search engine. Yakni; mulai dari penulisan judul artikel memakai Heading1 (H1), sub judul dengan H2, deskripsi artikel dengan h3, dan seterusnya.

Pola algortima ini, membawa para blogger dan web developer untuk berpikir keras, bagaimana cara biar dalam penulisan artikel-artikel di websie blog bisnis online mereka, mengikuti pola yang dianut oleh search engine.

Hingga pada balasannya, mulailah bermunculan teknik penulisan artikel yang lebih mengandalkan pola algortima search engine (mirip yang aku urai tadi), tanpa memandang pada sisi humanisnya.
Banyak sekali web blog bisnis online yang berada pada posisi halaman pertama dari hasil pencarian search engine untuk berbagaia kata kunci atau keyword. Namun sayangnya, sesudah dikunjungi, halaman webblog-webblog tersebut hanya berisi kumpulan judul dan deskripsi dari artikel-artikel dari website orang lain. Dan seringkali, berisi kumpulan goresan pena-goresan pena tidak terang yang sama sekali tidak kita butuhkan.

Pada balasannya, teladan algoritma inipun mulai mendapat kritik dari para pengguna setia search engine itu sendiri. Sehingga, berangkat dari sanalah, hingga hari ini, semua itu berubah. Search engine pun melakukan perubahan-perubahan besar dalam sistem algoritma pencarian mereka.

Search engine sekarang lebih mengandalkan teladan pencarian pada artikel-artikel yang lebih dapat dibaca alias human friendly. Ya! Kini, search engine telah memakai sistem algoritma seperti yang dianut oleh AI (Artificial Intelligence). Search engine sekarang bekerja layaknya "Manusia Robot AI" yang membaca artikel-artikel yang relevan dengan kata kunci yang digunakan oleh user mereka, dan lalu menampilkan halaman-halaman web yang mendekati 90% relevansi-nya dengan kebutuhan informasi yang anda cari. Hal ini mampu dilakukan alasannya search engine telah menggunakan sistem algortima artificial intelligence (AI). Dimana algortima AI inilah yang akan bekerja aktif mengunjungi berbagai web yang relevan dengan kata kunci anda, kemudian mem-filter isu yang didapat apakah benar-benar berita yang mampu dibaca oleh sipencari (real human), lalu menyajikan web-web tersebut secara terstruktur pada halaman-halaman hasil pencariannya. Itulah citra bagaimana cara kerja search engine hari ini yang memakai contoh algoritma AI.

Dengan sistem AI dalam contoh pencarian yang dilakukan search engine sekarang, apakah kita masih bisa mengandalkan cara penulisan artikel yang "seo friendly"? Sudah tentu masih mampu. Namun tentunya dengan menyesuaikan pola AI yang dianut search engine.

Lantas. Bagaimana caranya agar artikel-artikel yang kita buat bisa seo friendly, namun tetap mampu dibaca dan lebih yummy dibaca?

Mudah saja. Mari kita baca lebih lanjut pembahasan berikut ini ihwal Artikel yang Human Friendly.

Apa itu Artikel yang Human Friendly.

Artikel yang human friendly yakni artikel-artikel yang enak dibaca dan sesuai kebutuhan yang diinginkan oleh pembacanya. Atau sederhanya, artikel-artikel blog yang anda buat benar-benar dapat dan yummy dibaca alasannya terstruktur baik dalam urutan pembahasannya. Dan yang paling penting dapat menawarkan solusi terbaik bagi pengunjung blog yang memang sedang membutuhkannya.

Artikel yang human friendly haruslah mengandung unsur-unsur penting mirip halnya;
1. Mampu memperlihatkan SOLUSI bagi pembaca yang mungkin saja sedang menghadapi duduk perkara atau sedang membutuhkan gosip-berita penting baginya dalam upaya menyelesaikan suatu persoalan yang sedang dihadapinya.
2. Artikel yang ditulis Terstruktur dengan baik sehingga memudahkan pembaca dalam membaca dan memahami paragraf demi paragraf. Dimana dikala setiap kali satu paragraf final dibaca akan membawanya untuk terus membaca paragraf-paragraf selanjutnya, demi mendapatkan kunci solusi baginya sebagai pembaca.
3. Mengandung acuan lanjutan yang relevan dengan artikel tersebut. Hal ini demi memberikan solusi lanjutan kepada pembaca yang masih ingin mendapatkan info-gosip lebih mendalam ihwal apa yang sudah diperolehnya dari artikel sebelumnya. Referensi artikel lanjutan bisa anda isi dengan artikel-artikel lain dari web blog anda sendiri, maupun dari website blog lain yang relevan.


Setelah mengenal apa itu artikel yang SEO Friendly dan Human Friendly, saya yakin kita akan lebih gampang menemukan cara terbaik dalam menulis artikel-artikel yang dapat mendukung kedua hal itu.

Agar tidak panjang lebar. Langsung saja kita bahas disini perihal 3 tips jitu agar artikel anda disukai search engine dan pembaca website blog bisnis anda. Inilah 3 tips itu...

Tips 1. Tentukan Target Keyword

Tentukan terlebih dahulu sasaran keyword atau kata kunci yang ingin dibidik oleh artikel terbaru anda. Pergi ke google dan ketikkan kata kunci tersebut. Lihat varian kata kunci pendukung dari hasil pencarian yang diberikan oleh google. Scrollouse anda ke bawah halaman hasil pencarian google. Biasaya ada sekitar 10 varian kata kunci pendukung dari kata kunci utama anda. Catat seluruh varian kata kunci pendukung yang diberikan google untuk nantinya akan kita gunakan untuk bab dari artikel yang akan dibuat.

Mulailah membuat 1 paragraf singkat dari masing-masing kata kunci pendukung yang sudah anda kumpulkan dari hasil pencarian google tadi. Tulis saja dulu, apa yang mampu anda bayangkan dari masing-masingnya. Entah itu akibatnya mungkin akan tampak mirip sebuah pengantar, ataukah sebuah "quote" atau kata-kata bijak", atau apapun itu. Tulis saja dulu sesuai dengan khayalan dan kemampuan anda dalam merangkai, setiap 1 (satu) kata kunci pendukung, menjadi kalimat-kalimat sederhana yang enak dibaca.

Sebagai contoh, sasaran keyword artikel anda kali ini adalah "blog bisnis online". Pergilah ke google, ketikkan kata kunci blog bisnis online. Dan lihat hasil varian kata kunci yang diberikan di bab paling bawah halaman hasil pencarian tersebut. Disana anda akan temukan minimal 3 kata kunci varian perihal apa yang anda cari.
Dari apa yang saya temukan dari hasil pencarian terhadap kata kunci blog bisnis online, ada 3 varian kata kunci pendukung yakni; "acuan blog bisnis online", "blog bisnis terbaik" dan "blogger". Catatan: aku menggunakan handphone Samsung J2 milik istri saya, dan browser chrome untuk searching kayword tadi.
Terlepas dari 3 ataupun 10 kata kunci varian (related searches) yang disajikan oleh search engine, mari kita buat teladan paragraf atas masing-masing kata kunci pendukung tersebut.
Oya, perlu kita ketahui bersama, search engine menyebut sederetan kata kunci pendukung tadi sebagai "related searches" dan aku lebih bahagia menyebutnya sebagai kata kunci pendukung. Apapun sebutannya, yang terpenting masih dapat dipahami. Okey,.. next... mari kita kembangkan 3 kata kunci pendukung atau related searches tadi menjadi 3 paragraf tersendiri yang nantinya akan kita masukkan dalam artikel baru yang akan kita targetkan dengan keyword "blog bisnis online".
 tips jitu artikel seo friendly dan human friendly 3 Tips Jitu Agar Artikel Anda Disukai Search Engine dan Pembaca
Contoh related searches atau kata kunci pendukung yang ditampilkan oleh search engine google untuk kata kunci utama - blog bisnis online.
Membuat paragraf dari varian keyword pertama, "acuan blog bisnis online";
"Dalam membangun sebuah website blog baik untuk tujuan blog eksklusif ataupun sebuah blog bisnis, kita mampu terlebih dahulu main ke blog lain sebagai acuan untuk menerima contoh blog bisnis online yang mampu kita pelajari baik dari segi tampilan hingga teknik penulisan dan penyajian artikel-artikelnya. Dengan men-pola blog bisnis online yang ada - tentunya bukan copy paste - kita mampu menerima gambaran seperti apa nantinya blog bisnis online milik kita sendiri nantinya."

Membuat paragraf dari varian keyword kedua, "blog bisnis terbaik";
"Dengan berkembangnya sistem algortima search engine ketika ini, kita akan dengan gampang mencari dan menemukan sederetan blog bisnis terbaik dalam hitungan detik."

Membuat paragraf dari varian keyword ketiga, "blogger";
"Jika dulu saat belum ada internet, kita masih mengandalkan profesi konvensional dalam mencari penghasilan demi menghidupi diri sendiri dan anggota keluarga kita. Kini, dengan adanya internet, ada profesi gres yang dapat menjadi pilihan semua orang, dan mampu dilakukan di rumah dengan jam kerja yang ditentukan sendiri, yaitu menjadi seorang blogger. Penghasilan seorang blogger saat ini semakin fantastis saja. Ada blogger yang bisa menghasilkan ratusan sampai ribuan dollar per buannya. Namun ada juga blogger yang lebih mengutamakan kebebasan berekspresi dalam blog eksklusif mereka."

Dari ketiga acuan uraian kata kunci pendukung yang telah aku buat diatas, selanjutnya tinggal kita tentukan sendiri masing-masing paragraf tadi akan dimasukkan diurutan keberapa dari keseluruhan artikel yang akan dibentuk.

Praktis khan!?

Saya yakin, dengan melihat pada pola diatas, anda akan lebih gampang menyebarkan lebih dari pada yang bisa aku buat.

Bahkan dari 3 kata kunci pendukung diatas, kita bisa menciptakan judul artikel kita dengannya. Contoh judul artikel atas pilihan kata kunci "blog bisnis online" diatas;
"3 Contoh Blog Bisnis Online Terbaik dari Blogger Indonesia"
"1 Blog Bisnis Terbaik sebagai Contoh Blog Bisnis Online dari seorang Blogger Dunia"
"2 Contoh Blog Bisnis Online Terbaik dengan Platform Blogger dot com"

..dan seterusnya...

Contoh-teladan diatas supaya bisa menjadi "supplemen" bagi anda dan aku dalam mengembangkan kemampuan menulis berdasarkan related searches yang ditampilkan oleh search engine.

Selanjutnya kita masuk ke tahap berikutnya.

Tips 2. Berikan Solusi.

Seorang blogger kudu selalu memberikan solusi dalam setiap goresan pena-tulisan yang dibuatnya. Apapun topik yang dipilih untuk menulis sebuah artikel, berikanlah solusi didalamnya. Atau, paling tidak, buatlah artikel-artikel yang lebih mengandung 2 unsur; permasalahan dan solusi.

Anda punya keahlian dibidang tertentuk. Atau pernah mendapatkan pengamanan atas persoalan tertentu dan punya solusi penyelesaiannya? Nah, jadikan itu sebagai topik goresan pena anda. Karena mampu saja ada ribuan atau bahkan jutaan orang didunai yang mungkin saja pernah mengalami apa yang pernah anda alami, namun mereka belum menemukan solusinya. Itulah pada dasarnya. Jadikan setiap artikel-artikel yang kita buat sebagai salah satu sumber solusi.

Sebagaimana diri anda sendiri. Saat pergi ke search engine, entah itu google, bing atau yahoo, apa yang anda cari?

Apakah sebuah gosip?

Bisa dipastikan tidak. Karena kalau kita ingin mencari info, maka kita pasti akan pribadi menuju ke website info andalan yang sudah kita kenal dan kunjungi setiap kali akan mencari gosip-info terbaru.

Sedangkan jikalau kita ingin mencari sebuah solusi, maka bisa dipastikan - search engine lah tempat paling mudah untuk kita dapatkan solusi cepatnya.
Bener gak!?

So,... jikalau anda ingin menjadi seorang blogger dan punya cita-cita berpengaruh untuk mempunyai pembaca setia dan pengunjung tetap dalam jumlah besar, atas blog yang sudah dibangun dengan susah payah dan telah dibayar dengan waktu yang panjang. Maka pastikan blog anda hanya akan anda isi dengan artikel-artikel berkualitas yang dapat menawarkan solusi atas suatu permasalahan.

Gambaran sederhananya. Seseorang yang pergi ke search engine, sudah pasti sedang mencari solusi atas permasalahan yang sedang dia hadapi. Entah itu permasalahan harga atas suatu produk. Hingga isu lengkap perihal produk yang diperlukan namun beliau tidak memilikinya.

Seseorang yang berkunjung ke search engine selalu saja berada pada keadaan dimana, ia sedang membutuhkan solusi atas suatu hal. Bahwa 90% orang yang menggunakan search engine, membutuhkan solusi.

So. kebayang.. khan!?

Blog bisnis online yang sudah kita berdiri dengan susah payah dalam waktu yang panjang, akan jauh lebih berarti, mempunyai banyak pengunjung dan pembaca setia, dan menghasilkan, jika mengandung solusi atas sebuah permasalahan. Jika sebaliknya, maka semuanya sia-sia saja.

Jadikan blog anda sebagai sumber solusi bagi para pembacanya.

Sebagai acuan;
semua orang yang pernah memakai sepeda motor didunia ini pasti pernah mengalami yang namanya motor mati secara mendadak alasannya duduk perkara "busi".
Ini persoalan yang sangat sederhana. Tetapi bila kita mampu menguraikan isu secara utuh wacana "Solusi Ter-Cepat" benerin busi motor dikala ditengah perjalanan, maka pasti akan ada jutaan orang dalam setahun yang akan membaca artikel tersebut dari blog anda.
Kenapa saya berani katakan demikian? Karena sekalipun seorang pengendara motor sampai kendaraan beroda empat yang sudah bertahun-bertahun aktif memakai sepeda motor dan kendaraan beroda empat untuk bepergian, pasti pernah mengalami hal ini. Dan seringkali mereka bingung, kikuk, kesal, dan sebagainya dikala hal itu terjadi. Apakah mereka tidak pernah tahu akan hal itu? Apakah mereka tidak tahu cara mengatasi masalah busi yang kotor yang jadi penyebab utama mogok dikala diperjalanan? 9 dari 10 pengendara tahu akan hal itu. Tapi kondisi tertentu mampu jadi penyebab seorang pengendara jadi "blank" saat menghadapi kejadian demikian. Inilah "lubang kunci" permasalahan yang bisa anda berikan solusinya untuk orang lain saat mengalami insiden mogok tadi.
Itu hanya salah satu teladan saja. Masih ada jutaan problem harian lain yang menjadi bagian dari kehidupan insan. So, silahkan anda temukan permasalahn-permasalahan itu dan berikan solusinya, melalui artikel-artikel dlam blog anda.

Tips 3. Menulis secara Terstruktur.

Apa yang saya maksudkan dengan menulis secara terstruktur? Sederhana saja. Gunakan teladan piramida terbalik. Lebar dibagian atas dan mengerucut dibagian terbawah. Itulah bentuk piramida terbalik. Demikian juga dengan contoh goresan pena yang memakai sistem piramida terbalik.

Pola piramida terbalik pada sebuah tulisan akan dimulai dari uraian tentang sebuah permasalahan dan diikuti dengan uraian solusinya. Tentunya semakin kebawah akan semakin mengerucut dalam penyampaiannya.

Itu dari segi acuan penulisan uraian dilema dan solusi. Sedangkan dari segiri struktur tulisan bisa kita gunakan teknik penulisan sebagaimana penulisan sebuah buku.

Sebuah buku akan ditulis dengan struktur;
Pengantar, uraian singkat suatu duduk perkara dan solusinya, umumnya terdiri dari 2 - 3 paragraf disetiap awal goresan pena.
Bab I, uraian secara utuh suatu persoalan, terdiri dari 4 - 5 paragraf berikutnya.
Bab II. solusi atas permasalahan yang sedang dibahas, terdiri dari 5 - 8 paragraf.
Bab III. Kesimpulan, yang membahas ulang secara inti dari keseluruhan tulisan yang sudah dibuat dari bagian pengantar, bagian i dan bagian ii dan info-informasi tumpuan baik dari blog itu sendiri maupun tumpuan dari website lain. Biasanya terdiri dari 2 - 6 paragraf, tergantung kebutuhan.
Penutup. Berisi isu penutup yang mampu diisi juga dengan acuan artikel-artikel lain yang relevan atau bekerjasama dengan artikel yang sedang dibaca.

Salah satu acuan website blog yang paling saya sukai dalam hal penulisan artikel yang terstruktur baik yaitu PanduanIM.com. Disana kita akan menemukan bagaimana pengelola web blog ini menguraikan sebuah goresan pena dengan pola struktur yang sangat baik layaknya sebuah buku. Didukung lagi dengan rangkaian kalimat-kalimat disetiap paragraf yang yummy dibaca dan mudah dipahami, serta menarik untuk terus dibaca sampai tamat goresan pena. Blog bisnis online besutan blogger "Darmawan" ini telah menginspirasi aku untuk terus mengembangkan setiap goresan pena yang aku buat dalam ini lebih terstruktur lagi. Saya sendiri masih terus belajar dan berusaha untuk konsisten menulis dengan acuan ini. Hal baik memang perlu diikuti.

Artikel yang ditulis secara terstruktur baik, akan dengan gampang dikenal oleh search engine (seo friendly) dan enak dibaca oleh pengunjung blog (human friendly) yang memang sedang mencari solusi atas persoalan yang sedang ia hadapi.

Bahkan seorang blogger kawakan sekalipun tetap membutuhkan solusi terbaik yang terus berkembang dalam hal meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung ke blog nya. Oleh sebab itu, tips tentang cara meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung blog selalu mendapat perhatian penting dikalangan blogger dunia. Baik blogger pemula sampai blogger tingkat senior sekalipun terus membutuhkan informasi-berita ini. Hal ini seiring dengan terus berkembangnya search engine dalam berbagi sistem algoritma pencarian mereka yang juga mengikuti harapan user nya.


Sampai disini, kita mampu melihat, bahwa artikel yang disusun dengan acuan seo friendly (lihat teladan yang aku buat diatas) dan human friendly (artikel terstruktur baik), mempunyai nilai lebih dibanding artikel sejenis yang dibahas apa adanya secara singkat. Saat ini, artikel-artikel yang dianggap berbobot oleh search engine adalah artikel-artikel yang mendandung kedua unsur tersebut - seo friendly dan human friendly.



Kesimpulan

Teknologi Artificial Intelligence (AI).

Saat ini, search engine memakai acuan algoritma berbasis artificial intelligence (AI) yang lebih humanis. Dimana setiap hasil pencarian atas sebuah kata kunci akan mengacu pada hasil pencarian yang berisi gosip-info yang humanis (human friendly) dengan kandungan varian kata kunci dalam artikel yang lebih humanis pula. Intinya, cara kerja search engine remaja ini lebih "mendekati unsur humanis" dibanding sekedar sebagai robot atau mesin pencari. Dan tidak menutup kemungkinan, kedepannya, cara kerja search engine akan semakin berkembang lagi, seiring dengan teknologi artificial intelligence (AI) yang dipakai juga semakin canggih.

SEO Friendly masih relevan.

Unsur seo friendly disetiap artikel masih relevan untuk dipakai. Tentu saja dengan cara-cara yang lebih humanis dalam pencantuman teknik seo disetiap artikel. Contoh penulisan artikel yang seo friendly telah aku buat. Silahkan anda kembangkan sesuai imajinasi dan kemampuan merangkai kalimat demi kalimat menjadi paragraf, yang tentunya menarik dan yummy untuk dibaca.

Human Friendly.

Pastikan artikel-artikel anda ditulis dengan uraian kata dan kalimat yang lebih kalem, lezat dibaca dan gampang dipahami dengan cepat. Semakin canggih peradaban didunia online, kecepatan dalam membaca dan memahami sebuah informasi menjadi sangat penting. So, pastikan saja goresan pena yang kita buat pada artikel-artikel di blog bisnis online kita mengandung unsur-unsur itu semua.

Artikel Terstruktur.

Gunakan cara yang hampir sama untuk menulis sebuah buka. Ya! Artikel-artikel yang ditulis dalam sebuah blog, remaja ini, kudu memakai contoh yang sama dengan menulis sebuah buku. Walaupun tidak perlu sedetail sebagaimana sebuah buku. Namun cara menulis buku bisa kita terapkan dalam menulis artikel untuk blogging. Isi tulisan cukup singkat saja, pribadi pada inti permasalahan dan solusi, namun tetap menggunakan struktur penulisan yang baik.


Saya berharap, apa yang disampaikan dalam postingan - 3 tips jitu agar artikel anda disukai search engine dan pembaca - ini dapat menginspirasi kita dikala membuat artikel-artikel terbaru untuk website blog bisnis online yang kita berdiri. Saya juga mendoakan setiap anda yang sudah membaca sejak paragraf awal sampai selesai dari artikel saya kali ini, diberikan kesuksesan dan rejeki yang melimpah dari Tuhan Yang Maha Esa, Allah Pencipta semesta alam, melalui website blog bisnis online yang anda bangkit. Salam sukses untuk anda dan semua orang yang anda cintai dari .
0 Komentar untuk "3 Tips Jitu Biar Artikel Anda Disukai Search Engine Dan Pembaca"

Back To Top